Background

Wanita Paruh Baya Merokok Rentan Kanker Payudara

Dua studi yang menyoroti risiko dan manfaat pilihan gaya hidup dalam melawan kanker, yang menunjukkan bahaya merokok bagi wanita pasca-menopause dan efek perlindungan dari olahraga terhadap usus.

Wanita pasca-menopause yang merokok, atau pernah merokok, menghadapi risiko hingga 16 persen lebih tinggi terhadap kanker payudara dibandingkan dengan wanita yang tidak pernah merokok, menurut sebuah makalah yang dipublikasikan secara online di British Medical Journal (BMJ).

Wanita yang banyak terkena asap rokok (perokok pasif), baik ketika masih kanak-kanak atau di saat dewasa, juga berisiko lebih besar terkena kanker payudara, tambahnya.

Namun, risiko ini jelas tidak berlaku bagi wanita yang hanya sedikit terpapar asap rokok.

Penelitian ini mencakup hampir 80.000 wanita AS berusia antara 50 dan 79 tahun yang dipantau selama 10 tahun.

Dalam sebuah penelitian terpisah yang diterbitkan dalam British Journal of Cancer, orang dengan gaya hidup aktif diketahui memiliki kemungkinan hingga tiga kali lebih kecil untuk mengembangkan polip di usus besar, yang sering merupakan prekursor untuk kanker.

Kesimpulan ini didasarkan pada kajian terhadap 20 penelitian yang telah diterbitkan.

"Kami sudah lama mengetahui bahwa gaya hidup aktif dapat melindungi terhadap kanker usus, namun studi ini adalah yang pertama yang mengamati semua bukti yang ada dan menunjukkan bahwa terkikisnya polip usus adalah penjelasan yang paling mungkin untuk ini," kata penulis utama studi, Kathleen Wolin dari Washington University School of Medicine di St. Louis, Missouri.

"Olahraga memiliki banyak manfaat, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dalam usus dan membantu menurunkan kadar insulin - semua faktor yang kita tahu dapat berpengaruh terhadap risiko polip usus," ujarnya.

Berolahraga dengan intensitas sedang selama 30 menit setiap hari dan menjaga berat badan normal merupakan kunci untuk mengurangi risiko kanker usus, kata Cancer Research UK, yang menerbitkan jurnal tersebut. 

Categories: Share

Leave a Reply

COMMENT after Read this blog PLEASE

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Translate This Blog