Background

Meski Bodoh, Ayam Miliki Kemampuan Paranormal

Jika dinilai dari sudut pandang kecerdasan pola pikir, ayam memang berada di urutan terbawah. Namun ayam ternyata punya kemampuan paranormal. Seperti apa?



Ayam ternyata termasuk hewan dengan tingkat kecerdasan emosional yang tinggi. Layaknya paranormal, ayam mampu ‘membaca’ perasaan hewan lain, khususnya anak ayam mereka.

Dalam sebuah percobaan, ayam betina menunjukkan tanda jelas bahwa mereka merasakan kecemasan saat anak ayam merasa sakit. Ini merupakan bukti pertama keberadaan empati pada unggas.

"Sejauh mana hewan dapat dipengaruhi oleh penderitaan makhluk lain memiliki hubungan yang erat dengan kesejahteraan hewan tersebut. Kami menemukan bahwa ayam betina dewasa memiliki fondasi empati yang tinggi terhadap emosional makhluk lain,” ujar ilmuwan di Bristol University, Jo Edgar.

Kemampuan merasakan sakit pada orang lain atau memahami perasaan dari sudut pandang orang lain merupakan sifat yang dianggap sebelumnya sebagai keunikan manusia. Namun ternyata, hewan juga bisa merasakan empati.

Tes pada ayam itu memiliki dampat penting terkait kesejahteraan ayam di peternakan atau laboratorium sains. Ilmuwan Inggris memilih ayam sebagai objek percobaan karena menganggap empati berevolusi sejak orangtua merawat anak-anak mereka.

Ketika anak ayam tersiksa, kondisi ibu ayam akan mengalami perubahan di antaranya detak jantung meningkat, gelisah, tekanan mata menurun dan beberapa tanda stres lainnya. Penelitian itu diungkapkan di jurnal Royal Society.

Categories: Share

Leave a Reply

COMMENT after Read this blog PLEASE

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Translate This Blog