Background

SuJu Story (Facts of 2005)

1. Melihat bakat yang diperlihatkan setiap member,Lee Soo Man berkomentar kalay mereka adalah orang-orang yang memiliki talenta super. Ia pun lalu menambah kata “Super” sebelum kata “junior” dan berpesan agar mereka menjadi grup yang bisa melakukan berbagai hal di bidang apapun dengan baik. Sepertinya,nama itu memang benar-benar membawa hoki. ^^ sampai sekarang,kita mengenal mereka sebagai ‘Super Junior’,boyband Korea yang serba bisa dan piawai menghibur fansnya di segala bidang yang mereka tekuni.
2. Sebelum debut Leeteuk,Heechul,Kangin,Sungmin,Siwon dan Kibum sudah pernah merasakan berakting di sebuah serial TV. Serial TV yang pernah mereka mainkan sebelum debut,antara lain:
1. All About Eve (Leeteuk,tahun 2000)
2. The Secret Lovers (Kangin, tahun 2002)
3. Precious Family (Siwon, tahun 2004)
4. Banolim 2 (Heechul, tahun 2004)
5. April Kiss (Kibum, tahun 2004)
Bahkan beberapa bulan sebelum debut resmi Super Junior, Siwon,heechul dan Sungmin masih sempat ikut berperan dalam beberapa judul drama, seperti Eighteen, twenty-Nine (Siwon,tahun 2005), Loveholic (Heechul,tahun 2005), dan Sisters of The Sea (Sungmin,tahun 2005). 

3. Saat pertama kali debut pada 6 November 2005, Super Junior beranggotakan 12 orang. Kemudian, Kyuhyun bergabung di tahun 2006 –tepatnya 23 Mei 2006- hingga jumlah member Super Junior menjadi 13 orang. Mereka membuat rekor dengan menjadi boyband yang memiliki anggota paling banyak.
4. Beranggotakan 13 orang membuat Suju memiliki begitu banyak variasi suara. Hal ini menjadi keuntungan sendiri bagi boyband ini,terutama saat mereka ingin membentuk harmonisasi suara. Leeteuk, Heechul, Hangeng, Sungmin, Eunhyuk, Donghae dan Ryeowook adalah member yang memiliki suara tenor. Sementara Yesung, Kangin dan Siwon memiliki jenis suara bariton. Lalu, Shindong, Kibum dan Kyuhyun bersuara bass dengan kekhasan masing-masing.
5. Ada empat vokalis utama di Super Junior, yaitu Yesung, Kyuhyun, Ryeowook dan Sungmin.
6. Lagu ‘TWINS’ (Knock Out), ‘You Are The One’ dan tiga lagu lainnya dalam album pertama Super Junior dirilis secara online atau digital pada tanggal 8 November 2005. Baru setelah hampir sebulan kemudian,tepatnya 6 Desember 2005,album fisik Super Junior 05 (TWINS) akhirnya beredar dipasaran.

Video musik ‘TWINS(Knock Out)’ dirilis 11 November 2005,lima hari setelah penampilan debut Super Junior di acara musik Inkigayo di stasiun TV SBS – penggemar K-pop lebih mengenal acara ini dengan nama SBS Inkigayo.

Album Super Junior 05 (TWINS) memiliki total 11 lagu. 10 diantaranya adalah lagu dengan lirik dan satu-satunya berupa musik instrumental dari lagu ‘TWINS’

Lagu ‘Keep in Touch’ dan ‘Believe’ yang terdapat dalam album Super Junior 05 (TWINS) adalah versi Korea dari lagu yang sebelumnya dinyanyikan oleh EXILE,grup band asal Jepang.

Album Super Junior 05 (TWINS) sempat menduduki peringkat tertinggi alias no.1 dalam ranking mingguan Hanteo Chart di Korea – tangga lagu ini bisa disamakan dengan tangga lagu Oricon di Jepang atau Billboard di Amerika. Sekedar info,Hanteo Chart akan mencatat jumlah penjalan CD dalam kurun waktu tertentu di Korea. Dan album Super Junior 05 (TWINS) berhasil bertahan di jajaran lagu top Hanteo Chart hingga 10 minggu lamanya.

Sebagai album debut Super Junior,Super Junior 05 (TWINS) berhasil mencapai peringkat 3 di tangga lagu MIAK Kpop bulanan. Saat itu,penjualan album ini mencapai angka 28.536 kopi.

Menurut Asosiasi Industri Musik Korea,hingga pertengahan tahun 2008,album pertama Super Junior mencatat total penjualan 86.659 kopi.

Lirik lagu ‘TWINS(Knock Out)’ ditulis oleh Young Jin Yoo,seorang penyanyi,produser,sekaligus penulis musik dan lirik lagu,yang di kemudian hari banyak menciptakan lagu hits di album Super Junior,seperti lagu ‘Sorry- Sorry’ yang fenomenal, ‘Bonamana’ dan ‘My.Simple’.

Album Super Junior 05 (TWINS) berada dalam daftar 60 album terlaris di Korea sepanjang tahun 2005-2008. Hebat ya ?!..^^

7. Setelah meluncurkan album Super Junior 05 (TWINS),yang cukup sukses di pasaran,Super Junior lalu meluncurkan single kolaborasi dengan DBSK bertajuk ‘Show Me Your Love’. Single ini adalah sebuah lagu natal bernada ceria yang dirilis pada 15 Desember 2005. Video klip lagu ini sendiri sudah dirilis terlebih dulu diKorea pada 12 Desember 2005. Pengambilan gambar video klip ‘Show Me Your Love’ sebagian besar dilakukan di Lotte World, Korea Selatan.
8. Bagian rap dalam lagu ‘Show Me Your Love’ liriknya ditulis oleh Heechul,Shindong dan Eunhyuk. Shindong dan Eunhyuk memang nyaris selalu ‘bertanggung jawab’ menyanyikan bagian rap dalam sebagian besar lagu Super Junior,nggak heran kalau mereka selalu berusaha menulis sendiri lirik rap yang mereka nyanyikan.
 
9. Single ‘Show Me Your Love’ berhasil menjadi single dengan penjualan terbesar selama Desember 2005 di Korea dengan total penjualan 49.945 kopi.
10. Di tahun 2005,selain sibuk dengan aktifitas mereka sebagai sebuah grup, anggota Super Junior juga disibukkan dengan aktivitas individu masing-masing. Heechul,Kibum dan Siwon bahkan tampil dalam total tujuh serial drama TV,antara lain Sharp 2 (Kibum dan Heechul), Nonstop 6 (Heechul dan Kibum,tahun 2005-2006), Marrying a Millionaire (Kibum), dan Channel House Boy (Sungmin).
11.Karier personel Super Junior nggak berhenti hanya dibidang musik saja. Beberapa anggotanya mulai merambah bidang hiburan lainnya, termasuk menjadi DJ radio. Tren ini dimulai oleh Heechul yang terpilih menjadi DJ pendamping (co-host DJ) radio SBS, Youngstreet Radio Show, bersama Park Heebon di tahun 205. Lalu,sejak 1 November 2005 hingga pertengahan tahun berikutnya (30 April 2006),Heechul “naik pangkat” menjadi DJ Radio Youngstreet Show. Itu artinya,Heechul sebenernya sudah menjadi DJ radio 

12. Tidak lama setelah debut,personel Super Junior Leeteuk,Kangin, dan Shindong menjadi pembawa acara atau MC acara musik M!Countdown di stasiun TV Mnet mulai 10 November 2005 dan bertahan hingga tahun 2006.
13. Variety Show pertama Super Junior di tahun 2005 adalah “Super Junior Show”, yang mulai tayang pada 6 Desember 2005 hingga 22 Mei 2006. Variety Show yang terdiri dari 25 episode ini menceritakan kehidupan masing-masing anggota Super Junior sejak debut. Dalam “Super Junior Show”,setiap personel SUJU bisa menampilkan bakat yang mereka memiliki. Acara ini juga menampilkan kelucuan-kelucuan dan kekonyolan yang mereka lakukan sejak menjadi bagian dari Super Junior.
14. Selama mempromosikan lagu “TWINS(Knock Out)” di tahun 2005,Super Junior tampil di acara musikTV sebanyak 7 kali. Sedangkan saat mempromosikan “Show Me Your Love”,mereka tampil sebanyak 4 kali. Jadi kalau ditotal-total,boyband ini sudah tampil sebanyak 11 kali.

15. Penampilan terakhir Super Junior di tahun 2005 adalah pad a 25 Desember. Mereka tampil bersama DBSK mempromosikan lagu “Show Me Your Love” di acara musik SBS Inkigayo.
16. Album Super Junior 05 (TWINS) tidak hanya dirilis di Korea saja,tapi juga di Taiwan pada tahun berikutnya (10 Februari 2006). Ini sesuai dengan tujuan SM Entertainment yang ingin menjadikan Super Junior bintang idola,yang terkenal hingga seluruh Asia. Album pertama Super Junior ini bahkan sempat debut diposisi 16 dalam G-Music Weekly Album Chart,Taiwan. -end-

 

CREDIT: Super Junior For ELFindo 
 
  TAKE IT OUT WITH FULL CREDITS!!!

Leave a Reply

COMMENT after Read this blog PLEASE

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Translate This Blog