Background

Keanehan MV SHINee - Sherlock


Oke, beberapa fakta versi gue sudah di beberkan di Teaser MV Sherlock yang gue posting beberapa hari lalu. Tapi ternyata teaser doang emang nggak cukup. Manalagi di MV ada banyak sekali detail cerita yang nggak bisa kebaca kalau cuma nonton teaser doang. Walaupun nggak banyak, ada beberapa kesalahan yang dilakukan oleh editor dan sutradara dalam pembuatan MV ini. Kkk~ nggak terlalu bermasalah sih, soalnya seperti biasa kan kalau MV cut-to-cut adegannya cepet, sekali kedip udah berubah aja. Tapi mayan nih, mata gue bisa menangkap beberapa keanehan-keanehan yang ada di MV ini.... 

Sebelum baca 23 point di bawah ini, gue saranin untuk baca dulu Review Teaser yang kemaren gue buat. dan PART 1 dari review MV ini Karena yang udah ada disitu nggak diulang lagi disini.


#1 Di awal MV, mulai dari detik 00:04, disitu ada Minho yang lagi baca koran sambil berdiri. Ada Jonghyun yang lagi sibuk sendiri trus ada Onew yang lagi ngetik di mesin ketik. Yang aneh adalah bahwa di ruangan itu ada laptop, tapi kenapa Onew harus ngetik di mesin ketik sementara jelas-jelas lebih efisien dan enak pake laptop. Hehehe... Di review teaser juga udah gue tulis sih kejomplangan ini. Tapi gue bisa mengerti sih kenapa Onew lebih milih pake mesin ketik, karena emang di ruangan itu nggak ada printer. Oke.
*

#2 Masih di detik yang sama, 00:04, terlihat Key baru turun dari sebuah ruangan palsu di lantai 2 dan berdiri di atas tangga. Sebenarnya sudah ada satu gambar yang kurang dari sedetik yang nunjukkin Key terus menuruni tangga di 00:10 dan gambar berikutnya Key sudah ada di bawah dan mengambil sebuah buku dari rak buku. Tapi di detik 00:15, Key balik lagi ke atas tangga (ke adegan sebelum dia turun dan ngambil buku dari rak buku). Walaupun keliatannya nggak terlalu bermasalah, tapi agak aneh aja. Buat gue sih.


#3 Coba perhatiin Taemin yang lagi tiduran di sofa. Di detik 00:05, dia nggak tidur sama Biola di atas dadanya. Tapi ketika shot kamera berubah, tiba-tiba dia lagi tidur sama biola di detik 00:09. Posisi kakinya juga berubah. Detik 00:05 kaki kanannya diangkat dan ada di atas kaki kiri, detik 09:00 kaki kirinya yang posisinya agak keatas sedikit.


#4 Ada poster segi-empat disebelah kanan Key waktu turun dari tangga. Poster itu gambar tangga juga. Ada sekitar 7 tangga di poster itu. 1 tangganya panjang tapi berjarak sedikit sebelum nyambung ke tangga berikutnya (yang disebelah kiri).
*

#5 Ada 18 kotak kaca jendela di belakang Onew di detik 00:04. Ada 8 buku di atas meja tempat Onew ngetik. Ada 5 buku diatas meja yang ada laptopnya, 1 diantara 5 buku itu terbuka dan 4 tertutup dan menumpuk. Nggak percaya? Itung aja sendiri. Sekalian itungin banyak buku yang ada di rak buku  dong. Ituloh rak tempat Key ngambil buku, yang ada 42 kotak-kotak raknya. Hahahaha

#6 Awalnya gue mengira kakinya Key memang sangat putih sekali tanpa bulu waktu dia dancedengan celana pendek bintang-bintang itu. Tapi setelah memperhatikan dengan lebih dekat--dan kayaknya memang terlalu bodoh kalo gue percaya kakinya seputih itu--dia pake stocking. Awalnya nggak kentara karena pencahayaannya juga agak-agak bikin silau. Tapi pas di detik 00:22 stocking-nya mengkerut. Jadi nampak deh dia pake. Taemin juga pake sih. Tapi Taemin lebih keliatan di mata gue.
*


#7 Detik 00:42, walaupun dalam versi yang berbeda, tapi Jonghyun dan yang lain melakukan gerakan yang hampir sama seperti gerakan tangan di Lucifer. Masih hampir sama juga dengan tangan si Lucifer alias Baphomet sendiri yaitu mengacungkan telunjuk tangan kanan ke atas dan telunjuk tangan kiri ke bawah.  Bedanya adalah, kalo di Lucifer tangan yang ngacung keatas itu tangan kiri dan yang ngacung kebawah itu tangan kanan. Nah di Sherlock ini sebenarnya lebih pas sama Baphomet-nya. Karena yang ngacung keatasnya tangan kanan dan kebawahnya tangan kiri. Yang nggak tau siapa Baphomet, googling ajah yah.


#9 Setelah nonton Sherlock dan ngebandingin sama Lucifer, gue lebih suka warna videonya Lucifer. Walaupun agak gelap dan high contrast, tapi lebih keliatan futuristik. Emang sih beda konsep karena konsep Sherlock sepertinya emang jadul gitu. Tapi warnanya bikin gue nggak nyaman. Tata lampunya juga terlalu silau. Ada banyak bagian yang terlalu dominan cahaya dan bikin nggak nyaman di mata.

#10 Cap logo hurup "J" yang sudah bisa ketebak maksudnya adalah Jessica :p muncul kurang lebih 8 kali di MV ini. 00:40, 00:47, 00:48, 01:30, 01:55, 03:24, 03:28, 03:30. Pemilihan model MV kali ini lagi-lagi member SNSD. Waktu Replay versi Jepang itu pake Yoona, sekarang pake Jessica. Bisa dibilang sih karena emang SNSD lagi meraih popularitas tertinggi di SM untuk saat ini. Terbukti dari pemasukan yang diperoleh SNSD yang ada di peringkat 1 dari semua artis SM. Jadi mungkin yang diharapkan dari adanya Jessica di MV ini adalah biar menarik perhatian Sone. Hahahaha.... #fanwar #ladenin

#11 Kalau harus membandingkan dengan Lucifer, hmmm... gue lebih suka sama Lucifer. Dari segi musik, dance dan juga teknik pencahayaan dan efek yang digunakan di MV. Dance Lucifer kayak punya ciri khas sendiri gitu loh dengan gaya Baphomet-nya. Kalo dari segi lagu mungkin sekali lagi karena gue terlalu bias ke Yoo Youngjin yang udah terkenal banget lagunya racun. Oh iya, sekedar info aja kalo Koreografi Sherlock ini dibuat sama Tony Testa yang juga jadi co-koreografer untuk film This Is It-nya Michael Jackson. Beberapa film dimana Tony Testa juga berkontribusi adalah Move dan juga Dream Girls.

#12 Di detik 00:54-00:56, Onew dan Minho sedang melihat foto bergambar sama. Entah apakah memang di dalam amplop itu ada dua foto bergambar sama atau ini kesalahan juga gak tahu. Hehehe DAN MASIH TETEP BETE KENAPA HARUS ADA IKLAN EVERYSING DISITU! -___- 


#13 Walaupun sama-sama hasil sambungan rambut orang (semoga Taemin tidak dihantui oleh orang itu kalo orang itu sudah mati), tapi rambut Taemin yang di Lucifer terlihat lebih bagus daripada Sherlock. Meskipun di gambar ini kayaknya yang di Lucifer lebih berantakan, tapi berantakannya rapi. Kalo yang di gambar sebelahnya, keliatan banget ada yang panjang ada yang pendek. Kkk~


#14 Waktu SHINee baru masuk ke museum, batu hitam yang ada di leher patung cewek yang di depan masih ada. Tapi waktu shot kamera berubah, jadi nggak ada.


#15 Tidak termasuk gambar di foto atau di koran, kemunculan Jessica di MV ini hanya sekitar 15 detik saja. Kemunculan paling lama adalah 3 detik di 02:30 - 02:33. Selain itu hanya sedetik dan dua detik.

#16 Ada adegan dance yang karena kamera tidak berpindah dan curiganya gue syuting dilakukan dua kali dan dua adegan yang berbeda dipaksakan untuk diedit bersambung, terlihat jadi patah banget alias jumping. Gue sih ngeliatnya gitu. Coba deh perhatiin dan ulang terus di detik 01:34 menuju ke 01:35. Agak mengganggu sih.

#17 Keanehan lain di MV ini adalah bahwa lokasi tempat para detektif ini mencari clue hanya di satu tempat saja dan nggak di tempat lain: Lobby Museum. Hahahahhh... Buang-buang SDM banget. Kkkk~ Coba aja perhatiin waktu SHINee menemukan masing-masing clue dari Jessica. Tempatnya disitu lagi disitu lagi. Aneh aja kalau misalnya ketika Jessica muncul di depan Taemin, tapi Jonghyun dan yang lain nggak liat. Padahal tempatnya sama. 

#18 Foto yang diliat Minho di-ending MV itu sepertinya adalah foto yang dijepret dia waktu di museum. 


#19 Siapa yang bisa nemuin patung mbak-mbak lagi buang-buang aer? LOL cek 01:40.

#20 Perlu gue kasi tau nggak kalo jumlah atap kaca kotak-kotak yang ada di menit 02:25 itu jumlahnya 60 buah? Nggak perlu deh ya kayaknya... *trus kenapa di tulis?* *terserah*


#21 Entah kenapa gue lebih suka sama gaya nge-rap nya KEY daripada MINHO. Lebih ear-catching gimana gitu. Part rap dan dance favorit gue adalah 03:05. Adegan dance lwaktu Key oncat-loncat sambil ngeringin kutek hitemnya itu :D 

#22 Alih-alih memperlihatkan logo apple di laptop, SM menutupnya dengan stiker yang bertuliskan iWatson.

#23 Patung yang sebenarnya adalah replika dari Jessica di MV ini (yang ada di koran di akhir MV), sama sekali nggak mirip sama Jessica. Hahah Tapi tulisan The World's Most Beautiful Girl ini boleh lah ya... Yihaaa~~~


Mungkin cukup 23 dari gue. Kalau ada yang mau nambahin, boleh komen di bawah loh! :D Ini bahkan lebih banyak dari yang gue pikirkan tadi sore. Hahaha walaupun beberapa ada yang agak-agak nggak penting juga sih, tapi nggak apalah. Daripada nggak ditulis sama sekali kan :)

Oh yes, maybe akan ada lanjutan dari MV ini? Karena gue rasa endingnya masih agak misterius. Entahlah~


CR : kaoskakibau.com

4 Say With Me ^^:

  1. makasih, boleh nanya ga, di foto teasernya sherlock kan shinee pada pake jam tuh, warna apa aja ya? maaf kalau banyak nanya :)

    BalasHapus
  2. Thanks infonya

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. haha.....ucu ya faktanya....
    adahal garing abiss

    BalasHapus

COMMENT after Read this blog PLEASE

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Translate This Blog