Background

JENIS - JENIS HANTU DI KOREA


1. Cheonyeo Gwishin (처녀귀신, Virgin Ghost)
Cheonyeo Gwinshin bisa dibilang ‘kuntilanak’nya korea. selayaknya kuntilanak, dia memakai baju putih dan berambut panjang. wajahnya pucat dan darah menetes dr mulutnya. katanya, hantu ini mengutuk pengantin baru, selain itu hantu ini juga mendatangkan penyakit atau kecelakaan. satu – satunya cara mengusir hantu ini yaitu dengan menikahkan hantu perawan (cheonyeo gwinshin) dengan hantu bujangan (mongdal) *hantu bisa dikawinin ya.? hha*
Sebuah poster 1967 untuk film “Cheonyeo Gwishin”
Yang paling terkenal dari Korea gwishin mungkin adalah gwishin cheonyeo (처녀 귀신), perawan (gadis) hantu. Menjadi seorang wanita tradisional yang lahir di Korea sangat sulit, ketika ia diajarkan untuk melayani ayahnya, suaminya, dan anaknya.
Perawan yang meninggal lebih awal di dunia ini
Dengan hanbok putih dan memakai gwishin adalah sobok (소복), pakaian berkabung tradisional. Rambut mereka yang berantakan, karena tidak menikah
Meskipun ada laki-laki setara cheonyeo gwishin disebut chonggak gwishin (총각 귀신, ), wanita adalah sosok yang jauh lebih populer. Mereka telah menjadi daya tarik utama dalam film horor Korea untuk waktu yang sangat lama.
Dalam tradisi perdukunan, kadang-kadang “pernikahan jiwa” (영혼 결혼식) diadakan untuk “pasangan” cheonyeo dan chonggak sehingga jiwa mereka bisa beristirahat dalam damai. Kuil lain untuk cheonyeo gwishin dapat berupa ukiran dan patung, dan akan memiliki ritual tahunan dengan memberikan makanan dan minuman untuk jiwa-jiwa mereka.



2.Jeoseung Saja (저승사자, Malaikat Kematian)

Hantu korea Jeoseung Saja atau diartikan Utusan dari Jeoseung adalah mahkluk halus yang menghisap jiwa dan membimbing jiwa-jiwa tersebut melewati hutan gelap berkabut menuju akhirat (Grim Reaper versi korea). Jeoseung bukanlah surga atau neraka, tapi merupakan tempat tujuan orang mati (kebalikannya disebut Yiseung, atau bumi). Penampakan hantu korea Jeo...seung Saja mengerikan karena masih merupakan bagian dari pemakaman dan perdukunan yang masih dipraktekkan di wilayah pedesaan. Secara tradisional, penampakan hantu korea Jeoseung saja digambarkan sebagai agen pemerintah yang korup yang mengancam akan menyalahgunakan jiwa yang meninggal dalam tahanan, kecuali mereka disuap dengan persembahan.




3. Mul Gwishin

Hantu Korea yang disebut Mul Gwishin adalah penampakan hantu orang mati tenggelam

Mul Gwishin (benci sendirian di dalam air )
Musim panas membawa banyak kecelakaan tenggelam. Mul Gwishin (물귀신) adalah hantu air, jiwa kesepian dari mereka yang telah tenggelam. Mereka tidak suka sendirian di air dingin, sehingga mereka akan ambil perenang dan menyeret mereka ke dalam air.




4. Dokkaebi

Jika gwishin adalah penampakan hantu korea yang berupa arwah, ada juga penampakan hantu korea yang berupa monster yang disebut Dokkaebi. Penampakan hantu korea ini seperti tuyul atau goblin. Hantu korea ini mempunyai satu tanduk di kepalanya, dan selalu membawa tongkat ajaib yang bisa membuat apa saja dengan mantra tertentu. Dokkaebi bisa juga dianggap sebagai Goblin-nya orang Korea…. Konon tanduk hantu korea bisa memberikan keberuntungan (penampakan hantu kok mirip doraemon??). Penampakan hantu korea ini tergolong lucu dan baik, dokkaebi suka usil pada orang jahat dan memberi berkah pada orang baik.

Hantu korea ini disebutkan pula sebagai roh benda-benda mati. Benda-benda yang umumnya bertransformasi sebagai hantu korea ini adalah barang sehari-hari yang telah ditinggalkan pemiliknya atau dalam keadaan tak terurus, misalnya saja sapu, alu, perapian. Menariknya, pohon yang diolesi darah seorang gadis juga bisa menjadi Dokkaebi.



5. Dalgyal Gwishin

Hantu korea yang disebut Dalgyal Gwishin adalah penampakanhantu yang muncul dari tumpukan mayat dan berbentuk telur.

*ett busyett.. ini ya kata2 dikit, tapi pict.nya bikin merinding.. err..*


cr : tentangkorea-hanguk.blogspot.com

eeits abis baca jangan lupa like dan komennya yaa gan

Categories: Share

Leave a Reply

COMMENT after Read this blog PLEASE

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Translate This Blog