Background

Istilah-istilah Pada Dunia K-Pop

anyeeoooooooong *teriak pake toak* cho balik lagi nih,


akhir-akhir inikan heboh banget tuh sama yang namanya BoyBand and GirlBand Korea yang di gandrungi sama anak jaman sekarang, gag cuman anak-anak lhoh emak-emak bapak-bapak juga ada yang suka sama BB GB Korea, saking senengnya tuh kadang tuh lagu yang cara bacanya aneh dan gag sesuai sama lidahnya orang Indonesia aja sampe di artiin *ciyeee Google Translate nya laris dong#plak*

okeeee kali ini cho mau ngeshare tentang istilah-istilah di dunia K-POP. .. tapi abis baca komeeeeeeeeeeennn dong. .kalo ente-ente pada komenkan Cho semangat banget bikin Postingan tentang yang kalian butuhin. .

kalo ada yang request tentang apa aja deh di KOMENTAR, Cho bakal langsung KABULIN LIN LIN deeeeehh. ..

kalian pasti sering denger/baca kata “aigoo” pada beberapa fanpage k-pop. Aigo adalah sebuah ekspresi untuk menunjukkan frustasi atau kelelahan, semacam ‘aduh’ kalau di Indonesia. Selain itu, banyak juga istilah yang sering muncul pada dunia K-Pop. Apa aja ya?? Ok, ini dia (diurutkan sesuai abjad):



A

Age Line: Diberikan untuk orang2 yang lahir di tahun yang sama. Contoh: Minzy, Sulli, Krystal, dan Jiyoung adalah dari 94-line.

All-kill: Saat lagu atau album artis meraih posisi #1 di semua situs download musik, seperti Melon, Dosirak, dan Soribada. Sebuah all-kill di chart harian (di hari perilisan baru) adalah normal untuk grup2 populer. All-kill di chart mingguan dan bulanan lebih sulit.

Anti-fan: Disingkat menjadi “Anti”, adalah seseorang yang menyatakan kebenciannya terhadap seorang selebriti.

B

Bagel Boy/Girl: Cara untuk mendeskripsikan penampilan fisik seseorang. “Bagel” adalah kombinasi dari kata”baby face” dan “glamorous body”. Untuk pria, “glamorous body” diubah jadi “gladiator body”.

Banmal dan joen-dae mal: Banmal adalah bahasa informal yang dipakai cuma dengan teman dekat atau lebih muda. Sangat tidak sopan saat digunakan untuk berbicara dengan seseorang yang lebih tua atau jika hubungan kekerabatan tertentu belum dibangun. Joen-dae mal sebaliknya, adalah bahasa percakapan formal.

Bias: Grup atau penyanyi favorit, atau salah satu member dari grup favorit yang paling disukai di antara yang lain. Contoh bias pada sebuah grup: seseorang suka sama Super Junior, terus diantara member lainnya dia paling suka sama Yesung, maka bias-nya adalah Yesung. Seorang fans K-Pop bisa jadi punya banyak bias, dan satu ‘ultimate bias‘ (bias utama). Istilah ini berasal dari bahasa Inggris yang berarti ‘cenderung’ atau ‘berat sebelah’, karena seorang fans tentu saja lebih memfavoritkan bias-nya daripada artis2 lain.

Big 3: Nama untuk tiga label entertainment utama di dunia K-Pop : SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Mereka sangat dominan di dunia K-Pop dan memiliki pendapatan mayoritas yang besar. Dengan perkembangan mereka saat ini dalam industri, Cube Entertainment seringkali ditambahkan, yang membuat istilah baru menjadi “Big 4”.


C

Comeback Stage: Performance pertama di sebuah program musik untuk promosi lagu title atau single. Tidak ada waktu tunggu minimum untuk melanjutkan promosi lagu title sebelumnya. Seorang artis biasanya memiliki sebuah performance comeback spesial di tiap acara musik. Dalam panggung itu, mereka biasanya diijinkan untuk menampilkan sebuah lagu kedua.

D

Daesang / Bongsang – Awards : “Bongsang” award diberikan kepada sejumlah artis2 top of the year, sedangkan “Daesang Award” cuma diberikan untuk artis terbaik of the year. Pada dasarnya, “Bonsang” adalah nominasi untuk memenangkan “Daesang”.

Digital Single : Lagu yang hanya tersedia untuk download online.

-Dol (-돌) : Versi singkat dari kata ‘idol’ dikombinasikan dengan kata2 lain untuk mendeskripsikan sebuah grup atau seseorang. Contoh : “beastly-dols,” “model-dols,” “fairy-dols.”

Dream Concert : Salah satu konser tahunan terbesar di Korea, dengan nama2 besar K-Pop tampil di panggung yang sama. Event ini berbeda dengan nama yang mirip, “Hallyu Dream Concert.”


E

Eye-Smile: Karakteristik wajah yang populer dimana lengkungan mata membentuk bulan sabit saat tersenyum.

F

Fan-chant: Kata2 yang diteriakkan oleh fans untuk menyemangati penyanyi untuk lagu tertentu. Mereka membuatnya agar bisa menyesuaikan dengan irama. Mereka berteriak di sela2 bagian lagu saat lirik sedang tidak dinyanyikan sehingga tidak menganggu mereka bernyanyi. Fan-chants umumnya berisi nama2 penyanyi.

Fan Club: Fanclub resmi dan tak resmi dibuat agar lebih teratur dalam mendukung para artis. Aturan fanclub di Korea cukup rumit.

Flower Boy/Kkotminam (꽃미남) : Pria yang secara fisik cantik atau feminin seperti wanita.

Full Album: Full album yang biasanya berisi selusin lagu. Trend saat ini adalah artis2 K-Pop merilis banyak single dan mini album sebelum merilis full album.

G

Goodbye Stage: Performance terakhir di sebuah program musik sebelum mengakhiri masa promosi lagu. …

Gummy Smile : Senyum dimana beberapa bagian gusi terlihat jelas. Contohnya Eunhyuk oppa kita ^^

H

Hallyu: Gelombang Korea. Suatu istilah untuk meningkatnya popularitas budaya Korea ke seluruh dunia.

Hoobae (후배) : Seorang junior dengan pengalaman yang lebih sedikit daripada kalian dalam bidang tertentu. Umur bukanlah faktor penting di sini.

Hook Song : Frase lirik atau musikal yang menonjol dan mudah diingat. istilah ini umum digunakan untuk musik populer. Karena keseringannya digunakan dalam musik populer, orang2 banyak mengeluh bahwa musik pop itu terlalu berulang2.

Hwaiting (화이팅) : Frase untuk menyemangati seseorang.

I

Idol: Istilah umum untuk entertainer K-Pop muda. Yang membedakan mereka dari ‘penyanyi2′ normal adalah mereka juga dilatih untuk melakukan hal2 lain seperti akting, menjadi MC, DJ, model, dan dance.

K

Kkab : Berasal dari frase “kkab chi neun” yang berarti kalian sangat enerjik sampai2 menjengkelkan, dalam artian terlalu over. Kkab dance berarti kalian melakukan dance dengan gerakan2 yang lucu dan gila, menggerak-gerakkan seluruh tubuh dengan cara yang aneh dan benar2 lucu.

L

Lightstick : Salah satu barang yang fans miliki sebagai ciri khas fandom dari grup atau penyanyi tertentu (baik yang resmi maupun hasil kreasi fans), berupa stick yang menyala dalam gelap, digunakan untuk menyemarakkan konser. Tiap grup idola memiliki bentuk dan model lightstick yang unik, khas, dan berbeda.



M

Maknae (막내): Member termuda dari sebuah grup.

Mini Album: Biasanya berisi dua atau tiga lagu baru ditambah remix atau instrumental. Ini merupakan pertengahan antara perilisan single atau full album.

MR Removed: Lagu dimana musik2 latar dihilangkan sehingga hanya suara penyanyi yang terdengar. MR Removed ini bisa digunakan untuk mendengarkan seberapa bagus seorang penyanyi bisa tampil live.
Music Program: Mencakup acara2 seperti M! Countdown, KBS Music Bank, MBC Music Core, SBS Inkigayo, dan lain2. Selama mempromosikan lagu atau album baru, para artis ingin tampil dalam acara2 ini untuk mempromosikan perilisan terbaru mereka. MC dari masing2 program berganti beberapa kali dalam setahun.

MV: Music Video

N

Netizen : Gabungan dari kata ‘Internet’ dan ‘Citizen’. Bisa diartikan sebagai ‘warga dunia maya’.
Noraebang : Karaoke

O

Omona : Suatu ekspresi, semacam versi Korea untuk “Oh my God!”

R

Repackaged Album: Saat sebuah full album kembali dirilis dengan beberapa lagu title, ditambah lagu2 lain dan versi remix. Biasanya dirilis tak lama setelah promosi untuk lagu title pertama (dari full album) berakhir.

Rookie: Suatu grup atau penyanyi yang baru debut. Mereka biasanya membawa label ‘rookie’ (pendatang baru) selama satu tahun.


S

Samchon Fans : “Uncle Fans”. Mereka adalah fans dari seorang artis, walaupun di luar populasi utama khususnya para pemuda. Mereka umumnya dikenal dengan kemampuan belanja yang tinggi karena telah memiliki pekerjaan tetap.

Ssasaeng Fans : istilah untuk fans obsesif yang mengikuti selebritis favorit mereka sepanjang hari. Mereka mirip dengan penguntit (stalker).

Ssanti : konyol, memalukan, atau kocak. Dalam dunia K-Pop biasanya digunakan untuk mendeskripsikan style dance seseorang.

Selca : Gabungan dari kata “self” dan “camera”, yaitu foto2 yang diambil sendiri, biasanya dengan becermin. Para bintang cenderung memposting foto2 jenis ini di akun2 twitter atau me2day mereka.

Sub-unit: Grup lebih kecil yang dibentuk dari member2 sebuah grup yang lebih besar untuk perilisan musik atau suatu proyek.

Sunbae (선배) : Senior. seseorang dengan pengalaman yang lebih daripada kalian di bidang tertentu. Umur bukan merupakan faktor penting di sini. Contoh : tvxq adalah sunbae untuk super junior, walaupun leeteuk dan heechul lebih tua dari mereka. Dalam kondisi2 nonprofesional, leeteuk dan heechul adalah hyung (kakak) mereka.

T

Title Track: Lagu utama yang dipromosikan dalam sebuah album atau single. Lagu inilah yang akan dibuatkan MV dan dipromosikan dalam acara2 musik.

Trainee : Istilah untuk penyanyi/bintang selama tahun2 training mereka. Mereka disebut demikian sampai tiba saat debut resmi. Lamanya masa training bervariasi, tapi biasanya lebih dari 2 tahun.

Triple Crown : Nama penghargaan saat sebuah lagu dari artis menang 3 minggu berturut2 di program2 musik M! Countdown dan Inkigayo. Lagu yang memenangkan telah ‘Triple Crown’ tidak bisa menang lagi, sedangkan Acara Music Bank tidak membatasi jumlah kemenangan.

U

Ulzzang : Berarti “berwajah cantik/tampan”. Istilah ini biasanya dipakai oleh netizen untuk menyebut orang2 dengan penampilan menarik atau fotogenik. Di Korea bahkan diadakan kontes ulzzang, dimana para peserta yang umumnya berpenampilan biasa mampu berubah menjadi ulzzang yang cute mirip boneka hanya dengan trik2 make up.



CREDIT: kodokfrogz.wordpress.com

gimana?? mudeng?? *ENGGAAAAKK CHOOOO*

SAMA!!! hahha. . .ini juga Cho dapet dari shearch di google. .

yaudah lah para K-POPers di pelajari aja, kalo perlu tuh di print terus di apalin ya. . jadi ntar kalo di tanyain sama orang engga pah poh gitu. . hhaha. .

kalo mau request info ke Cho KOMEEEENNNTTTT!!!! arraseoh??

okeyy paipai ^^~

1 Say With Me ^^:

  1. lumayan banyak baca ttg SM Family, tp yang ga abis pikir, ni SM Family kenapa DBSK ga disebut ya..
    ga dianggep atau gmn

    BalasHapus

COMMENT after Read this blog PLEASE

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Translate This Blog